Wednesday, May 13, 2020

Elemen Kunci Sukses Pemasaran

    Apa saja sih elemen kunci sukses sebuah pemasaran? Terdapat beberapa elemen kunci sukses sebuah pemasaran antara lain kepuasan pelanggan, kualitas layanan, dan loyalitas pelanggan merupakan tiga elemen kunci yang menentukan kesuksesan implementasi konsep pemasaran. Nah itu lah tiga elemennya mari kita bahas satu persatu.
  1. Kepuasan Pelanggan, Menurut Kotler, (2000) kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara manfaat produk yang konsumen rasakan dengan harapannya. Lalu apa efek dari kepuasan pelanggan terhadap perusahaan? Efek dari kepuasan pelanggan terhadap perusahaan meningkatkan profitabilitas peruasaahaan, menciptakan loyalti dan dapat untuk kemungkinan mendapatkan konsumen baru. Namun tidak hanya perusahaan saja yang mendapatkan keuntungan dari kepuasan pelanggan, tetapi juga mereka yang berada di dalam perusahaan, contohnya karyawan. Karyawan yang loyal atau berdedikasi juga merupakan aset yang berharga untuk perusahaan. Kita tidak hanya melihat profit materi saja ya tapi juga non materi atau sumber daya yang ada dalam perusahaan.
  2. Kualitas Pelayanan adalah tingkat layanan yang berkaitan dengan harapan dan kebutuhan pelanggan atau pengguna. Hal ini berarti bahwa layanan tersebut berkualitas jika perusahaan atau lembaga tertentu mampu menyediakan produk dan jasa (layanan) sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan harapan pelanggan / pengguna. Secara umum, kualitas layanan sering digunakan sebagai dasar untuk produk layanan karena produk utama yang dipasarkan adalah layanan yang berkualitas dan layanan ini dibeli oleh pelanggan. Oleh karena itu, kualitas penyediaan layanan adalah dasar untuk pemasaran jasa.

  3. Loyalitas Pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Dua hal yang menjadi pertimbangan utama perusahaan dalam mempertaankan loyalitas pelanggan adalah, pertama karena semakin mahalnya biaya perolehan pelanggan baru dalam iklim kompetisi yang sedemikian ketat, kedua adalah adanya kenyataan bahwa tingkat kemampulabaan perusahaan berbanding lurus dengan pertumbuhan hubungan antara perusahaan dan pelanggan secara permanen.

   Lalu ada strategi memuaskan pelanggan yang pertama ada manajemen ekspektasi pelanggan, apa itu manajemen ekspektasi pelanggan? Manajemen ekspektasi pelanggan adalah berusaha mengedukasi pelanggan agar mereka bisa benar benar peran, hak dan kewajibannya berkenaan dengan produk/jasa, agar kinerja produk bisa melebihi ekspektasi pelanggan. 

   Yang kedua ada Relationship Marketing, apa itu? Relationship marketing merupakan sebuah konsep strategi pemasaran yang berupaya menjalin hubungan jangka panjang dengan para pelanggan, yaitu mempertahankan hubungan yang kokoh dan saling menguntungkan antara penyedia jasa dan pelanggan yang dapat membangun transaksi ulangan dan menciptakan loyalitas pelanggan.Relationship marketing yang sedang trend sekarang ini salah satunya adalah pemberian cashback.

   Ketiga adalah After Marketing, adalah sebuah layanan yang diberikan pada konsumen setelah melakukan pembelian produk. Layanan ini bisa diwujudkan dalam beberapa produk, mulai dari pemberian garansi dalam kurun waktu tertentu, garansi tukar barang, pelayanan perbaikan oleh tim yang bisa datang ke rumah, hingga customer service.

   Kemudian strategi selanjutnya adalah retensi pelanggan ini pada dasarnya mirip dengan strategi aftermarketing. Retensi pelanggan adalah pemeliharaan hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan pelanggan dalam jangka panjang. Tingkat retensi pelanggan yang tinggi berbanding terbalik dengan pelanggan yang meninggalkan perusahaan.

   Yang terakhir berhubungan dengan technology yaitu memanfaatkan technology untuk memuaskan pelanggan, seperti apa contohnya? Salah satu contohnya adalah e-money uang elektronik untuk melakukan transaksi pembayaran secara mudah melalui smartphone.

Ya itu tadi beberapa kunci sukses dalam sebuah pemasaran yang saya ketahui, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika ada kesalahan dalam memberikan informasi saya minta maaf . Sekian dan terimakasih sudah membaca. 

No comments:

Post a Comment